Jenazah Darius Yumame, Korban Penembakan di Sinak Diberangkatkan ke Maybrat

Jenazah Darius Yumame saat akan dimasukkan ke dalam pesawat untuk di berangkatkan ke kempung halamannya di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (15/12/2022). (Foto: Ist)
Jenazah Darius Yumame saat akan dimasukkan ke dalam pesawat untuk di berangkatkan ke kempung halamannya di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (15/12/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Jenazah almarhum Darius Yumame korban penembakan oleh orang tak dikenal (OTK) di pasar tradisional Sinak, Kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah pada Selasa, 13 Desember 2022, diberangkatkan ke kampung halamannya di Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Pemberangkatan jenazah Darius Yumame menggunakan pesawat Smart Air yang dicarter Pemerintah Daerah Puncak dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Bandar Udara Kambuaya, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

“Untuk yang mengantar (jenazah) sekitar delapan orang dari perwakilan keluarga, Pemerintah Daerah dan perwakilan bank Papua,” kata Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra yang ditemui di Terminal UPBU Mozes Kilangin, Kamis (15/12/2022).

Rencananya jenazah korban akan dimakamkan di Maybrat oleh pihak keluarga.

Sebelumnya pada Rabu, 14 Desember 2022, Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik didampingi Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra menyambangi rumah duka tempat disemayamkan di jalan Hasanudin, tepatnya dibelakang Hotel Horison Ultima.

Saat berada di rumah duka, Bupati Puncak menyampaikan ungkapan dukacita dari Pemerintah Kabupaten Puncak mewakili seluruh masyarakatnya dan mengutuk keras perbuatan pelaku penembakan.

“Saya mengutuk keras pelaku yang melakukan tindakan keji ini. Kita serahkan semuanya kepada Tuhan, karena Tuhan itu maha adil, dan saya yakin pelaku akan mendapatkan balasan atas apa yang telah diperbuatnya,” tegas Willem Wandik.

Menurut dia, almarhum merupakan sosok yang sangat berjasa selama bekerja di Puncak, dalam hal telah membantu pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai pemerintah daerah saya akan mendampingi untuk antar almarhum sampai di kampung halamannya,” ungkap Willem.

Bupati juga mengabulkan tuntutan atau permintaan dari keluarga atas peristiwa yang dialami korban.

“Sesuai permintaan keluarga korban kami sudah sanggupi dan akan menyerahkan uang senilai 1 miliar,” ujarnya.

Selain telah menyanggupi tuntutan keluarga korban, Bupati Wandik juga memberikan santunan duka senilai Rp250 juta.

Tidak hanya itu, Bupati Wandik pun meminta agar pihak bank Papua dapat bertanggungjawab terhadap ketiga anak yang ditinggalkan almarhum.

Keluarga besar almarhum yang diwakili  oleh Kepala Suku Sorong di Timika, Yulian Salosa, menyampaikan apresiasi atas kunjungan Bupati Puncak bahkan perwakilan Pemerintah Puncak bersedia mengantar jenazah korban hingga ke kampung halaman.

Yulian berharap pelaku penembakan bisa segera ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada pihak keamanan agar kasus ini segera dituntaskan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, terkait dengan peristiwa ini Polres Polres tengah mendalami kasus penembakan yang terjadi terhadap korban.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya pada Selasa, 13 Desember 2022 menyampaikan bahwa peristiwa penembakan terjadi sekitar pukul 09.00 WIT oleh orang tak dikenal mengakibatkan karyawan Bank Papua Cabang Sinak bernama Darius Julius Yumame (32) mengalami luka tembak dibagian belakang kepala hingga tewas.

“Korban dipastikan meninggal dunia di tempat saat terjadi penembakan tersebut,” ungkap Kamal.

Menurut Kamal, pelaku penembakan diduga menggunakan jenis senjata api laras pendek. Hal itu terlihat dari bekas luka yang ada pada tubuh korban.

“Saat ini aparat gabungan TNI-Polri bersama Satgas Ops Damai Cartenz tengah mendalami kasus tersebut dan akan melakukan pengejaran terhadap pelaku,” kata Kamal.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan mempertahankan situasi yang kondusif di Kabupaten Puncak.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.