Kalahkan Persemi Mimika, Persitoli Toli FC Juara Pertiwi Cup 2021

Tim sepakbola putri Persitoli FC saat merayakan kemenangan. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)
Tim sepakbola putri Persitoli FC saat merayakan kemenangan. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Tim sepakbola putri Persitoli Toli FC berhasil menjadi jawara dalam kompetisi Piala Pertiwi Cup tahun 2021, setelah leg kedua kembali menang telak 9-0 tanpa balas menghadapi Persemi Mimika, Kamis (27/1/2022).

Hasil leg kedua itu menambah jumlah agregat poin 18-0 dari sebelumnya di leg pertama juga meraih hasil yang sama 9-0 tanpa balas, digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Thomas Madjar selaku pelatih kepala Persitoli Toli FC mengaku bersyukur atas kemenangan fantastis. Kendati pihaknya tetap meminta pemain lebih konsentrasi ketika bertanding ditingkat Nasional.

“Semua dari kemurahan Tuhan, sehingga kita bisa mendapat hasil yang seperti kita lihat. Mungkin nanti akan lebih susah dan tertantang di saat nanti seri nasional karena di situ ada banyak tim yang dengan banyak pemain sudah ada di tim nasional dan pasti lebih seru,” katanya usai laga.

Ditingkat Nasional, dirinya lebih optimis, lantaran ada dua pemainnya dipanggil memperkuat timnas Indonesia.

“Ada Remini Rumbewas untuk center back dan Marsela Awi sebagai striker. Di situ nanti mereka akan bergabung, saya kira akan lebih kuat lagi dan sektor-sektor yang kita anggap kurang sudah tertutupi. Contoh seperti tadi ada beberapa pemain yang posisi aslinya di gelandang, tapi saya turunkan main di center back dan dia bisa jalankan fungsi itu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil ketua Asprov PSSI Papua Rocky Bebena mengungkapkan kompetisi Pertiwi Cup merupakan agenda tahunan PSSI yang memang seharusnya digelar tahun 2021 lalu. Namun dikarenakan Papua digelarnya PON XX dan Peparnas XVI harus ditunda.

“Memang sepi peminat untuk tahun ini, tapi kembali ke daerah masing-masing karena kemarin rata-rata mereka sudah ikutkan timnya di Liga 3. Saya pikir ini jadi catatan Asprov sampaikan ke federasi terkait dengan kompetisi yang amatir perlu dipikirkan masanya. Karena ini kan masanya transisi APBD, rata-rata ada yang sudah terima, ada yang masih pembahasan, jadi kalau bisa itu digelar dipertengahan tahun, sehingga daerah lebih siap lagi dari sisi pembiayaan karena berbeda dengan liga profesional,” tuturnya.

Usman G. Wanimbo selaku Ketua Umum Persitoli Toli FC sangat optimis timnya bisa berbicara banyak di tingkat Nasional. Pasalnya tim bermateri mantan pemain-pemain sepakbola putri PON Papua.

“Saya sebagai manajer dan ketum merasa bangga dan berterima kasih anak-anak bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan. Jadi saya pikir dari pemda, klub dan manajemen siap untuk mendorong sampai main ke tingkat Nasional,” tandasnya.

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *